Overview

Untuk mengembangkan perusahaan atau organisasi diperlukan kefektifan sistem dan orang – orang didalam organisasi tersebut. Maka dari itu individu sebagai asset dapat dikembangkan melalui assessment center dimana mengacu ke metode berbasis kompetensi dengan standar internasional. Hakikat dari assessment itu sendiri adalah proses yang sistematis dalam menilai kompetensi individu yang dianggap penting guna mencapai “great achievement”. Metode ini mengulas dan menilai standar perilaku individu dengan menggunakan personality and potential test. Hasil penilaian dan feed back dari assessment program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan performance karyawan.

MANFAAT ASSESSMENT CENTER

Assessment Center, yang merupakan metodologi untuk menilai atau mengevaluasi perilaku karyawan dalam bekerja sehingga hasil Assessment Center dapat digunakan dalam strategi pengembangan sumber daya manusia dari suatu organisasi. Manfaa yang dapat digunakan dari Assessment Center meliputi:

  1. Memperoleh kriteria yang jelas untuk posisi tertentu
  2. Mengidentifikasi kader pemimpin melalui metode yang memiliki akurasi dan objektivitas yang dapat diandalkan
  3. Menghasilkan strategi dan tindakan dan pengembangan khusus untuk karyawan terencanan
  4. Mengidentifikasi kebutuhan pengembangan karyawan manajerial. Manfaat yang diperoleh dari Assessment Center dapat digunakan oleh pemimpin organisasi sebagai salah satu sarana / alat pengambilan keputusan yang berkaitan dengan HR seperti rekrutmen, promosi, online casino mutasi dan pengembangan karir karyawan

MATERI PROGRAM

Program ini meliputi:

  1. In Basket Test
    Para peserta akan disajikan dengan kasus – kasus yang ada di dunia kerja. Para peserta diminta untuk merespon dokumen kerja yang telah disajikan.
  2. FGD (Forum Group Discussion)
    Para kandidat diminta untuk mendiskusikan sebuah kasus yang sering terjadi didunia nyata. Hal ini akan mengungkap ketrampilan/kompetensi individu ketika harus bekerja dalam kelompok dan secara tidak langsung mengungkap kompetensi individu itu sendiri.
  3. Potential and Personality Test
    Untuk mengukur kapasitas kepripadian dan potensi kandidat untuk disesuaikan dengan kompetensi pada suatu pekerjaan.
  4. BEI (Behavioral Event Interview)
    Para Assesor akan menayakan kepada para kandidat berkaitan dengan pengalaman – pengalaman yang telah dilalui.

Dari Program Assessment, kita dapat mengunakan untuk:

  1. Tes Seleksi, Promosi Pegawai, dan Perencanaan Karir
    Seorang calon karyawan dapat mengetahui potensi mereka untuk menempati posisi manajer, supervisor , atau staf menggunakan serangkaian tes khusus yang mengukur aspek-aspek sikap kecerdasan, kepribadian , dan bekerja . Penilaian juga dapat dilakukan untuk mengetahui potensi dan kemungkinan dari kemudian ditempatkan di berbagai posisi di organisasi .
  2. Penilaian dan Konseling Kerja
    Dengan program ini dapat membantu organisasi untuk menentukan pemberdayaan yang tepat bagi para karyawannya guna memaximalkan fungsi kerja serta pencapaian achievement organisasi tersebut. Hal ini juga membantu organisasi/perusahaan berkaitan dengan pemetaan pekerjaan baik yang beralih fungsi, pensiun, atau pengurangan karyawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *